S I L A B U S
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas, Semester : VII (Tujuh), 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2015/2016
KKM :
73
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai
benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Nilai Karakter |
||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya |
Besaran dan satuan |
·
Merumuskan pengertian besaran dan satuan ·
Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan denganKetelitian |
·
Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan
internasional ·
Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu
dengan tangga konversi |
·
Mencari informasi tentang besaran dan satuannya |
·
Mengindentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari. |
·
Tes tertulis |
·
Uraian ·
PG |
·
Jelaskan pengertian pengukuran! |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, guru, lingkungan,
alat ukur |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
·
Mengelompokkan dalam besaran pokok dan turunan |
·
Tes tertulis |
·
Uraian ·
PG |
·
Sebutkan tiga contoh besaran turunan! |
||||||||
·
Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran |
·
Unjuk kerja |
·
Uji prosedur |
·
Pengukurandenganpenggaris,
neraca, danjangkasotongterhadappanjang, massa, dan volume kubus |
||||||||
·
Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana |
·
Tes tertulis |
·
Uraian ·
PG |
·
Kelajuansepeda
motor 72 km/jam.Ubahlahsatuankelajuantersebutdalam m/s! |
||||||||
1.2
Mendeskripsikanpengertiansuhudanpengukurannya |
Suhu dan pengukuran |
·
Peserta didik mendiskusikan perbedaan termometer alkohol dengan termomoeter
raksa |
·
Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan
termometer yang lain. |
·
Mencari informasi caramengguna kan termometer |
·
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat |
·
Unjuk kerja |
·
Uji prosedur |
·
Pengukuransuhubadanteman,
pencatatanlangkah-langkahpenggunaan, pengukuransuhuobjek,
danpembacaanskalapadatermometer. |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, guru, lingkungan,
termometer |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
·
Membandingkan skala
termometer Celcsius dengan termometer yang lain |
·
Tes tertulis |
·
Uraian ·
Pilihan ganda |
·
TermometerCelciusmenunjukkanskala
80°C. UbahlahskalatersebutdalamskalaReamur! |
||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Nilai Karakter |
||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
1.3
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang
sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari |
Pengukuran |
·
Mendiskusikan cara menentukan besaran panjang, massa, dan waktu |
·
Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku |
·
Pesertadidikmencariinformasi
yang mendalamtentangcaramenentukanbesaranpanjang, massa, waktu, dan volume
suatubenda |
·
Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar |
·
Unjuk kerja |
·
Uji prosedur |
·
Pengukuranmejadanpapantulisdenganalatsatuanbaku
(mistar) danalatsatuantidakbaku (depa) |
2 x 40 |
Buku siswa, LKS, guru, alat-alat ukur, lingkungan |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
|||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||
TatapMuka |
PenugasanTerstruktur |
PenugasanMandiriTidakTerstruktur |
||||||||||
2.1
Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam
melalui alat dan Indikator yang tepat |
Asam, Basa, Garam |
·
Mendiskusikan pengertian larutan asam, basa, dan garam |
·
Melakukan pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam ·
Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya
kertas lakmus atau pH stik |
·
Mengelompok kan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam |
·
Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator |
·
Unjuk kerja |
· Uji prosedur |
·
Pengelompokkansifatlarutanasam,
basa, dangaramberdasarkanpercobaanmenggunakankertaslakmus |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, guru, lingkungan sekitar dan alat
ukur |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
|
·
Mengelompokkan
bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam |
·
Unjuk kerja |
· Uji prosedur |
·
Pengelompokkanlarutanasam,
basa, dangaramjikaditetesidengankertaslakmus |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||||
TatapMuka |
PenugasanTerstruktur |
PenugasanMandiriTidakTerstruktur |
|||||||||||
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari |
Sifat asam basa |
· Mendiskusikanbahan-bahan yang
dapatdijadikanindikatoruntukmenentukansifatlarutanasambasa |
·
Melakukan eksperimen untuk mengidentfikasi sifat asam basa ·
Melakukaneksperimenmengenaipenentuannilai
pH suatuzatdenganmenggunakanindikatoriversal |
·
Mengidentifikasi bahan alami yang dapat digunakan sebagai indikator |
· Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di alam |
·
Unjuk Kerja |
·
Uji prosedur |
· Pengelompokkanbahanlarutandalamlarutanasam, basa, ataugaramednganindikatoralami! 1.
Larutancuka 2.
Air sumur 3.
Air sabun 4.
Sprite |
2 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat
dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama,
saling menghargai, percaya diri |
||
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana |
Unsur kimia |
·
Guru
menjelaskanaturantatanamaunsurdantujuanpengelompokanunsurkedalamtabelperiodik ·
Pesertadidik
(dibimbingoleh guru) mendiskusikanjenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran
zat secara kimia) |
·
Mendatabeberapalambangdannamaunsur
yang seringdigunakandalamkehidupan |
·
Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya |
· Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur |
· Testertulis |
· PilihanGanda |
·
Lambangkimia dari besi adalah .... a.
Be c. Fe b.
B d.
S |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat
dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama,
saling menghargai, percaya diri |
||
·
Menuliskan nama dan lambang unsur |
· TesTertulis |
· Uraian |
· Tulikannamadarilambangunsurberikut! a.
He b.
S c. Na |
||||||||||
·
Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana |
· Testertulis |
· PilihanGanda |
·
Rumus kimia asam
sulfat adalah .... a.
H2SO4
c. H4SO2 b.
HS2O4
d. H4S2O |
||||||||||
·
Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana |
· Testertulis |
· Uraian |
· Sebutkannamasenyawaberikut! a.
NaCl b.
NaOH c.
Al2SO4 |
||||||||||
|
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (Menit) |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||
2.4
Membandingkansifatunsur,
senyawa, dancampuran |
Unsur, senyawadancampuran |
·
Mendiskusikan sifat unsur, senyawa, dan campuran. ·
Mendiskusikan perbedaan koloid dan suspensi |
· Mengidentifikasisifatunsur, senyawadancampuran ·
Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen |
·
Mengklasifikasikan materi secara sederhana ·
Mengamati unsur penyusun campuran homogen dan campuran heterogen. |
·
Membandingkansifatunsur, senyawa, dancampuranberdasarkanpengamatan |
· Testertulis |
·
Uraian |
·
Sebutkan perbedaan sifat zat penyusun antara senyawa dan campuran |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat
dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama,
saling menghargai, percaya diri |
·
Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana |
· Testertulis |
·
Uraian |
·
Buatlah bagan klasifikasi sebuah materi secara sederhana! |
||||||||
·
Mengelompokkan zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam
kehidupan |
· Testertulis |
·
Uraian |
· Tuliskanduacontohcampuranheterogen! |
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (Menit) |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
3.1
Menyelidikisifat-sifatzatberdasarkanwujudnyadanpenerapannyadalamkehidupansehari-hari |
Wujud Zat |
·
Mendiskusikan materi susunan partikel ·
Mendiskusikan pengertian adhesi dan kohesi |
·
Melakukan percobaan perubahan wujud zat ·
Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan |
·
Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas |
·
Menyelidiki perubahan wujud suatu zat |
·
Testertulis |
·
PilihanGanda |
·
Perubahanwujudzatdaricairmenjadipadatdisebut
…. a.
mencair b.
mengembun c.
membeku d.
membeku |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat
dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama,
saling menghargai, percaya diri |
·
Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui
penalaran |
·
Testertulis |
·
PilihanGanda |
·
Gaya tarik antar partikel pada zat padat adalah .... a.
sangat kuat b.
kurang kuat c.
tidak tentu d.
selalu berubah |
||||||||
·
Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan |
·
Unjukkerja |
·
Ujiprosedur |
·
Percobaan adhesi dan kohesi dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan |
||||||||
·
Mengaitkan peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari |
·
Tes tertulis |
·
Pilihan Ganda |
·
Manfaatperistiwakapilaritasdalamkehidupansehari-hariadalah …. a.
penggujnaanzatkimiapengisitermometer b.
mengalirnya
air padapipa c.
penggunaansumbuminyakpadakomporminyak d.
pengukurantekananudarasuatutempat |
||||||||
3.2 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari |
Pemuaian zat |
·
Mendiskusikan faktor yang mempengaruhi pemuaian |
·
Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair ·
Menganalisis muai volum bebagai jenis zat cair |
·
Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas |
·
Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair, dan gas |
·
Unjukkerja |
·
Ujiprosedur |
·
Menggunakan alat Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat! |
4 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
·
Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat |
·
Unjukkerja |
·
Ujiprosedur |
·
Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat! |
||||||||
·
Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi |
·
Testertulis |
·
Uraian |
·
Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis! |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (Menit) |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
|||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||
3.3 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah
wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Kalor |
·
Mendiskusikan hubungan antara energi, massa, kalor jenis dan suhu |
·
Melakukan percobaan kalor |
·
Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan ·
Mencari informasi tentang peristiwa mendidih dan melebur |
·
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud
zat |
·
Tesobservasi |
·
Lembarobservasi |
·
Pengamatan perubahan suhu dan perubahan wujud zat |
4
x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum |
|
|
·
Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan |
·
Testertulis |
·
Uraian |
·
Sebutkan tiga faktor yang dapat mempercepat penguapan! |
|||||||||
·
Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan
untuk menaikkan suhu zat |
·
Tesobservasi |
·
Lembarobservasi |
·
Pengamatan tentang kenaikan suhu yang membutuhkan kalor |
|||||||||
·
Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur |
·
Tes observasi |
·
Lembarobservasi |
·
Pengamatan pada saat mendidih dan melebur diperlukan kalor |
|||||||||
·
Menerapkan hubungan Q = m.C. ∆t, Q = m.U, dan Q = m.L untuk meyelesaikan masalah sederhana |
·
Testertulis |
·
Uraian |
·
Tuliskan masing-masing dua contoh peristiwa dalam kehidupan yang berhubungan dengan konduksi dan konveksi! |
|||||||||
Standar Kompetensi :
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (Menit) |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
|||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
||||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||
4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia
zat |
Sifat fisika dan sifat kimia |
·
Mendiskusikan beberapa sifat intensif dan ekstesif zat. ·
Mendiskusikan sifat fisika dan kimia suatu zat |
·
Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia ·
Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia ·
Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
mengkomunikasikannya |
·
Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari |
·
Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia |
·
Testertulis |
·
PilihanGanda |
·
Perubahan fisika terjadi pada peristiwa .... a.
air menjadi es b.
kertas dibakar c.
nasi menjadi bubur d.
besi berkarat |
2 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
|
·
Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
mengkomunikasikan nya |
·
Testertulis |
·
Pilihan ganda |
·
Sumbukompor
yang digunakan lama kelamaanmengecildanmenghilang.
Peristiwainimerupakanperubahankimiakarena … a.
dihasilkanzatbaru b. tidakdihasilkanzatbaru c.
terjadireaksikimia d. sumbukomporbereaksidenganudara |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (Menit) |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
|||||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi
cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia |
Pemisahan Campuran |
·
Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan
titik didih - |
·
Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih. ·
Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran |
·
Mencari informasi tentang pemisahan campuran ·
Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana ·
Mengamati percobaan tentang penjernihan air |
·
Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia |
·
Testertulis |
·
PilihanGanda |
·
Perubahan fisika terjadi pada peristiwa .... a.
air menjadi es b.
kertas dibakar c.
nasi menjadi bubur d.
besi berkarat |
2 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
|||
·
Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari dan mengkomunikasikan-nya |
·
Testertulis |
·
Uraian |
·
Manakah
yang merupakansifatfisikadansifatkimiazatdaribeberapasifatzatberikut! a.
kerapatan b.
bensinmudahterbakar c.
titiklebur d.
titikdidih e.
besimudahterkorosi |
|||||||||||
4.3
Menyimpulkanperubahanfisikadankimiaberdasarkanhasilpercobaansederhana |
Perubahan fisika dan perubahan kimia |
·
Mendiskusikan ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia ·
Mendiskusikan sebab-sebab perubahan fisika |
·
Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia ·
Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia |
·
Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan
percobaan |
·
Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia |
·
Testertulis |
·
PilihanGanda |
·
Gula yang larut dalam air merupakan perubahan fisika karena .... a.
terjadi zat baru b.
tidak terjadi zat baru c.
gula mencair d.
gula bereaksi |
2 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
|||
·
Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan
percobaan |
·
Unjukkerja |
·
Ujiprosedur |
·
Percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia |
|||||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kegiatan pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu (Menit) (Menit) |
Sumber Belajar |
NilaiKarakter |
||||||
Tatap Muka |
Penugasan Terstruktur |
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur |
|||||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||||
4.4 Mengindenti-fikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana |
Reaksi kimia |
·
Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia |
·
Melakukan latihan tentang reaksi kimia ·
Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu |
·
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan
warna dan atau suhu |
·
Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu |
·
Testertulis |
·
Isian |
·
Percobaan perubahan warna pada reaksi kimia |
2 x 40 |
Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum |
Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri |
||
·
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan
warna dan atau suhu |
·
Testertulis |
·
Uraian |
·
Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan kenaikan suhu! |
||||||||||
|
Mengetahui, Pringapus,
Juli 2015
KepalaSMP Negeri 1 Pringapus, Guru
Mata Pelajaran,
Adi Kusyanto, S.Pd.
M.Pd. AgusRiyanto, S.Pd.
NIP
19691102 199512 1 002 NIP
19800810 201406 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar