Sabtu, 03 September 2022

SILABUS IPA KELAS 7

S I L A B U S

Mata Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas, Semester                     : VII (Tujuh), 1 (Satu)

Tahun Pelajaran                     : 2015/2016

KKM                                          : 73

 

Standar Kompetensi             : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

 

Kompetensi

Dasar

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

 Waktu

Sumber

Belajar

Nilai Karakter

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

 Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1     Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

 

 

Besaran dan satuan

·   Merumuskan pengertian besaran dan satuan

·   Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan denganKetelitian

·   Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional

·   Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi

 

·   Mencari informasi tentang besaran dan satuannya

 

·   Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari.

·   Tes tertulis

 

 

·   Uraian

·   PG

 

 

·   Jelaskan pengertian pengukuran!

 

 

4 x 40

Buku siswa, LKS, guru, lingkungan,  alat ukur

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Mengelompokkan dalam besaran pokok dan turunan

·   Tes tertulis

 

·   Uraian

·   PG

·   Sebutkan tiga contoh besaran turunan!

 

·   Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran

 

·   Unjuk kerja

·   Uji prosedur

·   Pengukurandenganpenggaris, neraca, danjangkasotongterhadappanjang, massa, dan volume kubus

·   Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana

 

·   Tes tertulis

·   Uraian

·   PG

·   Kelajuansepeda motor 72 km/jam.Ubahlahsatuankelajuantersebutdalam m/s!


1.2     Mendeskripsikanpengertiansuhudanpengukurannya

 

 

 

Suhu dan pengukuran

·   Peserta didik mendiskusikan perbedaan termometer alkohol dengan termomoeter raksa

·   Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.

·   Mencari informasi caramengguna

kan termometer

 

·   Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat

 

 

 

 

·   Unjuk kerja

·   Uji prosedur

·   Pengukuransuhubadanteman, pencatatanlangkah-langkahpenggunaan, pengukuransuhuobjek, danpembacaanskalapadatermometer.

4 x 40

Buku siswa, LKS, guru, lingkungan,  termometer

 

 

 

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain

·   Tes tertulis

·   Uraian

·   Pilihan ganda

·   TermometerCelciusmenunjukkanskala 80°C. UbahlahskalatersebutdalamskalaReamur!

 

Kompetensi

Dasar

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Nilai Karakter

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.3     Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Pengukuran

·   Mendiskusikan cara menentukan besaran panjang, massa, dan waktu

·   Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku

 

·   Pesertadidikmencariinformasi yang mendalamtentangcaramenentukanbesaranpanjang, massa, waktu, dan volume suatubenda

·   Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar

 

·   Unjuk kerja

·   Uji prosedur

·   Pengukuranmejadanpapantulisdenganalatsatuanbaku (mistar) danalatsatuantidakbaku (depa)

2 x 40

Buku siswa, LKS, guru, alat-alat ukur, lingkungan

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

 

Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

NilaiKarakter

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

TatapMuka

PenugasanTerstruktur

PenugasanMandiriTidakTerstruktur

2.1    Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator yang tepat

 

 

Asam, Basa, Garam

·   Mendiskusikan pengertian larutan asam, basa, dan garam

·   Melakukan pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam

·   Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik

 

·   Mengelompok

kan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam

 

·   Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator

·   Unjuk kerja

·   Uji prosedur

·   Pengelompokkansifatlarutanasam, basa, dangaramberdasarkanpercobaanmenggunakankertaslakmus

4 x 40

Buku siswa, LKS, guru, lingkungan sekitar dan alat ukur

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam

·   Unjuk kerja

·   Uji prosedur

·   Pengelompokkanlarutanasam, basa, dangaramjikaditetesidengankertaslakmus


 

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

NilaiKarakter

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

TatapMuka

PenugasanTerstruktur

PenugasanMandiriTidakTerstruktur


2.2    Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

 

Sifat asam basa

·   Mendiskusikanbahan-bahan yang dapatdijadikanindikatoruntukmenentukansifatlarutanasambasa

·   Melakukan eksperimen untuk mengidentfikasi sifat asam basa

·   Melakukaneksperimenmengenaipenentuannilai pH suatuzatdenganmenggunakanindikatoriversal

·   Mengidentifikasi bahan alami yang dapat digunakan sebagai indikator

·   Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di alam

·   Unjuk Kerja

·   Uji prosedur

·   Pengelompokkanbahanlarutandalamlarutanasam, basa, ataugaramednganindikatoralami!

1.     Larutancuka

2.     Air sumur

3.     Air sabun

4.     Sprite

2 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

2.3    Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

 

Unsur kimia

·   Guru menjelaskanaturantatanamaunsurdantujuanpengelompokanunsurkedalamtabelperiodik

·   Pesertadidik (dibimbingoleh guru) mendiskusikanjenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia)

·   Mendatabeberapalambangdannamaunsur yang seringdigunakandalamkehidupan

·   Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya

·   Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Lambangkimia dari besi adalah ....

a.   Be              c.   Fe

b.   B                d.   S

4 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Menuliskan nama dan lambang unsur

·   TesTertulis

·   Uraian

·   Tulikannamadarilambangunsurberikut!

a.        He    b.   S     c.   Na

·   Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Rumus  kimia  asam  sulfat  adalah ....

a.  H2SO4        c. H4SO2

b.  HS2O4        d. H4S2O

·   Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

·   Testertulis

·   Uraian

·   Sebutkannamasenyawaberikut!

a.        NaCl

b.       NaOH

c.        Al2SO4

 


 

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu (Menit)

Sumber

Belajar

NilaiKarakter

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.4    Membandingkansifatunsur, senyawa, dancampuran

 

Unsur, senyawadancampuran

 

·   Mendiskusikan sifat unsur, senyawa, dan campuran.

·   Mendiskusikan perbedaan koloid dan suspensi

·   Mengidentifikasisifatunsur, senyawadancampuran

·   Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen

·   Mengklasifikasikan materi secara sederhana

·   Mengamati unsur penyusun campuran homogen dan campuran heterogen.

·   Membandingkansifatunsur, senyawa, dancampuranberdasarkanpengamatan

·   Testertulis

·   Uraian

·   Sebutkan perbedaan sifat zat penyusun antara senyawa dan campuran

4 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana

·   Testertulis

·  Uraian

·   Buatlah  bagan klasifikasi sebuah materi secara sederhana!

·   Mengelompokkan zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan

·   Testertulis

·  Uraian

·   Tuliskanduacontohcampuranheterogen!

 

Standar Kompetensi           : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya

 

Kompetensi

Dasar

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit)

Sumber

Belajar

NilaiKarakter

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1    Menyelidikisifat-sifatzatberdasarkanwujudnyadanpenerapannyadalamkehidupansehari-hari

Wujud Zat

·   Mendiskusikan materi susunan partikel

·   Mendiskusikan pengertian adhesi dan kohesi

 

 

 

·   Melakukan percobaan perubahan  wujud zat

·   Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan

 

·   Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas

 

·   Menyelidiki perubahan wujud suatu zat

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Perubahanwujudzatdaricairmenjadipadatdisebut ….

a.        mencair

b.       mengembun

c.        membeku 

d.       membeku

4 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Gaya tarik antar partikel pada zat padat adalah ....

a.        sangat kuat

b.       kurang kuat

c.        tidak tentu

d.       selalu berubah

·   Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan

·   Unjukkerja

·   Ujiprosedur

·   Percobaan adhesi dan kohesi dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan

 

 

 

·   Mengaitkan peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari

·   Tes

tertulis

·   Pilihan Ganda

·   Manfaatperistiwakapilaritasdalamkehidupansehari-hariadalah ….

a.        penggujnaanzatkimiapengisitermometer

b.       mengalirnya air padapipa

c.        penggunaansumbuminyakpadakomporminyak

d.       pengukurantekananudarasuatutempat


3.2    Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

 

Pemuaian zat

·   Mendiskusikan faktor yang mempengaruhi pemuaian

·   Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair

·   Menganalisis muai volum bebagai jenis zat cair

 

 

·   Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas

 

·   Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair, dan gas

·   Unjukkerja

·   Ujiprosedur

·   Menggunakan alat Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat!

4 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat

·   Unjukkerja

·   Ujiprosedur

·   Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat!

·   Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi

·   Testertulis

·   Uraian

·   Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis!


 

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu (Menit)

Sumber

Belajar

NilaiKarakter

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.3    Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Kalor

·   Mendiskusikan hubungan antara energi, massa, kalor jenis dan suhu

 

·   Melakukan percobaan kalor

 

·   Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan

·   Mencari informasi tentang peristiwa mendidih dan melebur

 

·   Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat

·   Tesobservasi

·   Lembarobservasi

·   Pengamatan perubahan suhu dan perubahan wujud zat

 

4 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

 

·   Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan

·   Testertulis

·   Uraian

·   Sebutkan tiga faktor yang dapat mempercepat penguapan!

·   Menyelidiki banyaknya  kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat

·   Tesobservasi

·   Lembarobservasi

·   Pengamatan tentang kenaikan suhu yang  membutuhkan kalor

·   Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur

·   Tes observasi

·   Lembarobservasi

·   Pengamatan pada saat mendidih dan melebur diperlukan kalor

 

·   Menerapkan hubungan Q = m.C. ∆t, Q = m.U, dan Q = m.L        untuk meyelesaikan masalah sederhana

·   Testertulis

·   Uraian

·   Tuliskan masing-masing dua contoh peristiwa dalam kehidupan yang berhubungan dengan konduksi dan konveksi!

 


 

Standar Kompetensi           : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit)

Sumber

Belajar

 

NilaiKarakter

 

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1    Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat

 

Sifat fisika dan sifat kimia

·   Mendiskusikan beberapa sifat intensif dan ekstesif zat.

·   Mendiskusikan sifat fisika dan kimia suatu zat

 

·   Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia

 

·   Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

 

·   Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya

 

·   Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

·   Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Perubahan fisika terjadi pada peristiwa ....

a.        air menjadi es

b.       kertas dibakar

c.        nasi menjadi bubur

d.       besi berkarat

2 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikan

nya

·   Testertulis

·   Pilihan ganda

·   Sumbukompor yang digunakan lama kelamaanmengecildanmenghilang. Peristiwainimerupakanperubahankimiakarena …

a.        dihasilkanzatbaru

b.       tidakdihasilkanzatbaru           

c.        terjadireaksikimia

d.       sumbukomporbereaksidenganudara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

 

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu (Menit)

Sumber

Belajar

NilaiKarakter

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.2    Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

 

Pemisahan Campuran

·   Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih

 

 

-      

·   Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih.

·   Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran

·   Mencari informasi tentang pemisahan campuran

·   Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana

·   Mengamati percobaan tentang penjernihan air

 

·   Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Perubahan fisika terjadi pada peristiwa ....

a.        air menjadi es

b.       kertas dibakar

c.        nasi menjadi bubur

d.       besi berkarat

2 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikan-nya

·   Testertulis

·   Uraian

·   Manakah yang merupakansifatfisikadansifatkimiazatdaribeberapasifatzatberikut!

a.       kerapatan 

b.       bensinmudahterbakar

c.       titiklebur   

d.      titikdidih

e.      besimudahterkorosi

4.3    Menyimpulkanperubahanfisikadankimiaberdasarkanhasilpercobaansederhana

Perubahan fisika dan perubahan kimia

·   Mendiskusikan ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia

·   Mendiskusikan sebab-sebab perubahan fisika

·   Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia

·   Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia

·   Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan

·   Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia

·   Testertulis

·   PilihanGanda

·   Gula yang larut dalam air merupakan perubahan fisika karena ....

a.        terjadi zat baru

b.       tidak terjadi zat baru

c.        gula mencair

d.       gula bereaksi

2 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan

·   Unjukkerja

·   Ujiprosedur

·   Percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia


 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit) (Menit)

Sumber

Belajar

 

NilaiKarakter

 

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur

Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.4    Mengindenti-fikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana

Reaksi kimia

·   Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia

·   Melakukan latihan tentang reaksi kimia

·   Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu

·   Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu

·   Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu

·   Testertulis

·   Isian

·   Percobaan perubahan warna pada reaksi kimia

2 x 40

Buku siswa, LKS, alam sekitar, guru, alat dan bahan praktikum

Religius, teliti, tekun, bekerjasama, saling menghargai, percaya diri

·   Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu

·   Testertulis

·   Uraian

·   Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan kenaikan suhu!

 

 

 

 

                Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Pringapus, Juli 2015

                KepalaSMP Negeri 1 Pringapus,                                                                                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                Adi Kusyanto, S.Pd. M.Pd.                                                                                                                                                                                                                                                                                   AgusRiyanto, S.Pd.

NIP 19691102 199512 1 002                                                                                                                                                                                                                                                                            NIP 19800810 201406 1 001

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

            Berikut  rangkuman materi IPA kelas 7   semester genap, Bab 7 tentang Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Yuk, simak pemb...